7 Tips Memilih Gamis Syar’i Yang Nyaman dan Fashionable Bagi Muslimah

Baju gamis syar’i sekarang ini menjadi salah satu fashion item yang banyak digemari. Bukan hanya dikalangan ibu-ibu saja tetapi juga merambah hingga kalangan dewasa, muda dan remaja. Tidak mengherankan mengingat baju jenis ini memang mempunyai beragam model yang menarik dan kekinian. Namun tetap nyaman dan sesuai dengan fungsi utamanya sebagai penutup aurat para muslimah.

Tips Memilih Gamis Syar’i

Banyaknya jenis dan model yang ditawarkan para penjual tentu menjadi keuntungan tersendiri. Karena kita bisa bebas memilih gamis yang sesuai dengan keinginan kita. Akan tetapi di sisi lain, banyaknya pilihan juga kerap membuat kita bingung memilih mana yang pas. Untuk itu, beberapa tips ini bisa Anda pertimbangkan.

  1. Perhatikan Jenis Bahan Gamis

Jenis bahan gamis yang dipilih sangat berpengaruh pada nyaman tidaknya gamis saat dipakai. Untuk itu perhatikan dengan cermat jenis bahan yang digunakan. Sebaiknya pilih bahan yang cenderung ringan namun tidak terlalu tipis seperti kain linen, maxmara atau baloteli. Hindari juga beberapa jenis kain yang kurang nyaman dipakai bergerak dan membentuk lekuk tubuh.

  1. Perhatikan Pemilihan Warna

Pemilihan warna tidak hanya mempengaruhi tampilan Anda tetapi juga tingkat kenyamanan saat memakainya. Pilihlah model gamis dengan kombinasi warna solid agar penampilan terlihat semakin modis. Selain itu, sebaiknya pilih warna-warna cerah agar Anda tidak mudah gerah ketika dipakai harian.

  1. Jangan Memilih Motif yang Terlalu Ramai

Ingin tampil mewah bukan berarti Anda harus memakai gamis dengan motif dan aksen yang terlalu ramai. Lebih baik pilih gamis polos atau memiliki motif kecil-kecil. Sebab motif yang terlalu ramai justru akan membuat Anda terlihat lebih pendek atau bahkan lebih gemuk.

pxhere.com

  1. Sesuaikan Dengan Kegiatan

Jika untuk dipakai sehari-hari, pilihlah gamis yang mudah menyerap keringat dengan model yang simple agar mudah saat beraktifitas. Sementara untuk acara formal dan informal, Anda bisa memilih gamis dengan bahan yang terkesan mewah dan tambahan bordir atau sedikit pernik.

  1. Pilih Sesuai Bentuk Tubuh

Model gamis yang akan dibeli baiknya disesuaikan juga dengan bentuk tubuh kita. Bagi yang bertubuh kurus, sebaiknya pilihlah gamis yang bagian bawahnya melebar dan berwarna terang. Sedangkan bagi yang bertubuh gemuk, pilihlah gamis dengan potongan longgar dan berwarna gelap atau pastel.

  1. Sesuaikan Dengan Ukuran Tubuh

Tips yang paling penting adalah pastikan ukuran gamis sesuai dengan tubuh, tidak kekecilan maupun kebesaran. Hal ini sangat berpengaruh pada penampilan dan kenyamanan saat memakainya. Karena itulah, cari gamis dengan model dan ukuran yang pas dengan tubuh Anda.

  1. Jangan Mudah Tergiur

Melihat banyaknya pilihan gamis yang ditawarkan tentu membuat kita tergiur untuk membelinya. Namun perlu Anda ingat, jangan mudah tergiur dengan harga murah karena mungkin saja kualitasnya buruk. Jangan asal juga membeli karena modelnya yang sedang nge-trend. Belilah gamis dengan kulitas baik dan pilih yang sesuai dengan selera fashion Anda di Meah Hijab.

pxhere.com

Jenis-Jenis Bahan Kain Gamis

Untuk bisa memilih gamis yang nyaman digunakan, selektiflah dalam menentukan bahan gamis. Mengenai jenis bahan yang bagus untuk gamis bisa dilihat di bawah.

  1. Kain Satin

Kain ini memberikan kesan yang mewah dan elegan sehingga cocok untuk bahan gamis formal. Teksturnya yang licin, ringan, mengkilap dan tidak menerawang membuat kain ini banyak digunakan menjadi gamis.

  1. Kain Katun Jepang

Kain ini cukup mahal. Hal ini disebabkan oleh kelebihan yang dimilikinya seperti bahannya yang tebal dan adem. Mempunyai tekstur yang halus dengan warna lebih awet dan serat rapat. Ini menjadikan kain sesuai untuk jenis gamis di daerah tropis karena tidak panas.

  1. Kain Baloteli

Merupakan jenis kain yang paling banyak dipakai untuk bahan gamis. Kain ini memiliki banyak keunggulan. Seperti tidak transparan, tidak kusut, adem, halus, berserat dan tidak melekat pada tubuh saat dipakai.

  1. Kain Crepe

Kain yang memiliki tekstur seperti butiran kerikil di permukaannya ini termasuk kain yang tebal. Sehingga cocok digunakan untuk gamis agar tidak menerawang namun tetap lentur, fleksibel dan tidak kaku.

pxhere.com

  1. Kain Wolfis

Merupakan salah satu bahan gamis favorit lainnya. Kain ini bersifat halus dan adem sehingga sangat nyaman digunakan. Bahan ini juga memiliki karakter yang ringan, tidak terlalu tipis dan tidak akan terawang.

  1. Kain Maxmara

Mempunyai karakteristik yang ringan, licin, jatuh dan tidak transparan membuat bahan ini cocok untuk gamis. Apalagi beragam motifnya yang unik dan menarik menjadikan gamis terkesan anggun dan berkelas.

Itulah beberapa tips dan jenis bahan gamis syar’i yang perlu Anda ketahui agar lebih cerdas memilih gamis. Selama Anda nyaman dan percaya diri dengan gamis yang Anda pakai, penampilan pasti akan terlihat fashionable.